post

Ina Rachman – Saat ini, keberadaan APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) tidak bisa dianggap sebelah mata. Jika kedepannya keluar SKB atau Surat Keputusan Bersama dengan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, maka APLI akan menjadi Satgas Waspada Investasi. Peran APLI pun semakin besar untuk memberangus money game. Terlebih, peraturan pelaksanaan UU nomor 7 tahun 2017 menambah kekuatan besar dalam melarang money game di Indonesia.

ina rachman qnet

Saat ini, memang orang-orang yang memiliki kepedulian pada sistem multi level marketing  di Indonesia. Namun, salah seorang pengacara bernama Ina Herawati Rachman terlibat langsung dalam perusahaan MLM. Selain itu, kepedulian Ina diwujudkan dengan menjadi lawyer untuk APLI sampai saat ini.

ina rachman qnet

Dengan kapabilitasnya sebagai ahli hukum serta keterlibatan dalam perusahaannya secara langsung membuat Ina sudah khatam mengenai bisnis membangun jaringan. Ina mengetahui betul tentang duplikasi, leadership, payout bonus hingga kemampuan untuk mengidentifikasi money game.

ina rachman qnet

Mudah Mengidentifikasi Perusahaan Money Game

Perempuan yang lahir di Singapura ini mengatakan bahwa sebenarnya untuk melihat bisnis disebut dengan money game adalah hal yang sangat mudah. Cara yang paling gampang adalah dengan melihat marketing plan-nya.

ina rachman qnet

Jadi, perusahaan tersebut tidak memiliki produk atau memiliki produk tempelan saja. Sehingga, bonus yang didapatkan hanya dari merekrut anggota yang baru. Biasanya, jikalau ada produknya, tetapi memiliki manfaat yang sedikit dengan harga yang fantastis.

Meski begitu, Ina mengaku bahwa secara kasat mata memang mudah untuk diidentifikasi. Namun, di lapangan, praktik ini sulit untuk dijadikan alat bukti. Bagi Ina, pengelola perusahaan money game licin seperti belut. Segala dapat disembunyikan dengan rapi.

ina rachman qnet

Bahkan, apabila bukti diberikan, maka pihak pengelola akan mudah berkilah dengan mengatakan bahwa leader-lah yang memelintir sistem.

Hal ini semakin diperparah dengan keterbatasan pengetahuan dari penyidik kepolisian. Terlebih masyarakat mudah tergiur dengan keuntungan fiktif yang luar biasa. Sehingga, money game menjadi hal yang sulit untuk diberantas.

Ciri Network Marketing yang Benar dan Lurus

Meskipun saat ini banyak bertebaran sistem MLM yang menyimpang, tetapi menurut Ina masih banyak network marketing yang benar. Beberapa ciri dari MLM yang benar adalah bonus diberikan berdasar pada profit penjualan produk. Sebab, dengan profit inilah maka network marketing mampu bertahan meskipun jaringan semakin tumbuh.

Peran APLI dalam Memberantas Money Game

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini mengungkapkan peran APLI pada masa sekarang. Menurut Ina, APLI sudah memainkan peran yang penting untuk memberantas money game. Akan tetapi potensi yang dimiliki oleh APLI belum sepenuhnya didukung dengan kewenangan hukum.

APLI di kemudian hari seharusnya diberikan wewenang sebagai mitra Satgas (Satuan Tugas) Waspada Investasi yang ada di bawah Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Selain OJK, Satgas Waspada Investasi juga termasuk Bappepti (Badan Perdagangan Berjangka Komoditi), Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri atau DJPDN, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM.

Lembaga-lembaga tersebut lah yang selalu mengawasi produk investasi yang terbukti melawan hukum. Sehingga, tinggal menunggu waktu hingga SKB dan MOU APLI sebagai mitra Satgas waspada dapat disahkan.

APLI Perlu SKB dan MOU untuk Menjadi Satgas Waspada Investasi

Sejatinya, mesti tanpa MOU, keberadaan APLI sudah cukup krusial. Hal ini dikarenakan hanya APLI saja yang mengerti seluk beluk tentang money game dari semua instansi di atas. Sehingga, APLI memilki peran penting dalam penentuan suatu perusahaan termasuk money game atau tidak.

Namun, keberadaan APLI sebagai mitra Satgas didukung dengan on paper yang jelas agar mudah menujukkan bukti sebagai mitra Satgas ketika mengunjungi penyidik.

Jika SKB sudah keluar, maka APLI bisa lebih legal dan dapat mengajukan pendapat mengenai money game yang telah siaga 1 dan harus diambil suatu tindakan. Apabila tidak, maka korban akan semakin banyak berjatuhan. Sehingga, APLI dapat bekerja dengan lebih optimal. Tidak hanya mengikuti pertemuan saja.

APLI sendiri merupakan organisasi yang selalu dimintai pendapat mengenai marketing plan dari presentasi perusahaan ketika mengajukan SIUPL. Ini berarti, peran APLI memang cukup krusial dalam memberantas money game.

Share Button