Semua orang pastinya ingin memiliki usaha sendiri. Karena ketika memiliki peluang usaha kecil sendiri pastilah Anda akan jauh lebih confident. Apalagi saat ini mencari pekerjaan itu cukup sulit untuk dilakukan. Banyak pihak yang merasa mencari kerja jauh lebih sulit daripada memulai pekerjaan. Namun masalahnya ketika Anda ingin memulai usaha pasti terbentur dengan yang namanya modal usaha. Banyak pihak yang merasa keberatan dengan modal usaha yang tidak di milikinya. Atau hanya memiliki modal kecil. Lantas bingung hendak memulai usaha apa.

Waktunya mengubah pola pikir Anda. Karena saat ini Anda meskipun dengan modal kecil. Anda bisa memiliki berbagai usaha yang menjanjikan. Tentu usaha tersebut bisa Anda lakukan dengan kerja keras. Serta banyak cara untuk bisa mendapatkannya. Nah kalau memiliki modal kecil jangan Anda takut. Banyak yang bisa Anda lakukan dengan hal ini. Saat ini ada berbagai jenis usaha yang bisa Anda tekuni. Semuanya tidak membutuhkan modal besar. Kalau memang Anda mau membuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu.

Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

Ketika Anda hanya memiliki modal yang kecil. Anda harus cukup tenang. Karena Anda tetap bisa menjalankan usaha yang Anda inginkan tersebut. Modal kecil bukan berarti sama sekali Anda tidak bisa melakukan banyak hal. Namun banyak pula hal yang bisa dilakukan dengan uang tersebut. Namun sebelum Anda melakukan usaha dengan modal kecil tersebut. Akan lebih baik Anda tahu cara memulai usaha yang akan dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang wajib Anda perhatikan. Jika Anda ingin memulai usaha kecil, diantaranya sebagai berikut:

  • Perhatikan jenis usaha

Pertama Anda perhatikan dulu jenis usaha apa yang Anda inginkan. Apakah itu di usaha kuliner. Atau mungkin di usaha retail. Banyak jenis usaha yang bisa Anda lakukan. Misalnya saja usaha kebersihan. Karena saat ini usaha kebersihan begitu diminati banyak pihak. Jenis usaha juga akan menentukan modal yang Anda gunakan. Usaha kuliner adalah jenis usaha yang setidaknya membutuhkan modal paling kecil. Karena usaha makanan bisa menggunakan berbagai hal yang sudah tersedia. Tidak membutuhkan banyak modal lagi.

  • Perhatikan pangsa pasar

Kalau Anda sudah memutuskan jenis usaha apa yang akan diambil. Misalnya Anda ingin melakukan usaha kuliner. Selanjutnya Anda perlu memikirkan pangsa pasar yang Anda cari. Entah itu mahasiswa, anak sekolah, ataupun golongan masyarakat umum. Jadi Anda bisa pula menentukan jenis makanan apa yang sekiranya cocok dijadikan usaha. Atau sekiranya apa yang bakalan laku untuk dijual di pasar tersebut. Karena Anda harus mengetahuinya dulu pastinya.

  • Persiapan modal

Kalau jenisnya juga sudah, maka Anda bisa menyiapkan modal. Siapkan saja sekiranya cukup untuk bahan baku. Serta berbagai hal yang Anda butuhkan selanjutnya. Untuk tenaga kerja lebih baik Anda kerjakan sendiri terlebih dahulu. Karena ini bisa menghemat budget yang Anda miliki. Setidaknya Anda bisa meringankan modal awal Anda. Persiapkan pula modal tambahan untuk berjaga-jaga. Atau bisa disebut pula sebagai dana sewaktu-waktu.

  • Mencari letak usaha tanpa sewa

Carilah tata letak usaha yang sekiranya tidak perlu membayar. Akan lebih mudah ceritanya jika Anda menggunakan bangunan pribadi. Atau menggunakan lapak yang bisa Anda pindah. Karena dengan menghemat uang sewa. Anda bisa menghemat dalam jumlah besar. Sekarang ini sewa bangunan harganya bisa sangat mahal. Jadi ketika Anda mendapatkannya secara Cuma-Cuma Anda akan menghemat biaya.

  • Promosi gratis

Lakukan promosi secara gratis. Misalnya Anda menggunakan media sosial yang Anda miliki. Dengan mengadakan give away produk atau berbagai  hal yang menarik minat pelanggan. Promosi dengan media sosial gratis. Anda hanya perlu melakukan posting yang menarik di laman yang Anda miliki. Atau Anda melakukan posting di laman dari usaha yang Anda buat.

Jenis Usaha Dengan Modal Kecil

Ada banyak jenis usaha menguntungkan yang bisa Anda lakukan meskipun dengan modal kecil. Untuk yang belum pernah melakukan usaha sekalipun. Anda bisa melakukan usaha waralaba dengan menggunakan modal kecil. Banyak saja waralaba yang bisa dilakukan meskipun dengan modal tidak lebih dari 10 juta. Namun tetap saja tergantung pintarnya Anda di dalam memilih. Serta bagaimana Anda mengatur usaha yang Anda kerjakan.

Misalnya usaha makanan adalah yang paling banyak bisa Anda lakukan. Usaha makanan yang masih menggunakan booth bisa menjadi pilihan. Anda tidak membutuhkan lokasi yang luas. Anda hanya butuh sepetak lahan saja. Atau Anda bisa melakukannya di depan tempat tinggal jika lokasinya memang memungkinkan. Usaha dengan modal kecil ini menarik loh. Seperti usaha makanan yang bisa Anda perbarui sesering mungkin. Atau usaha jasa juga bisa. Seperti laundry, itu pun tidak membutuhkan modal yang besar. Asalkan lingkungan sesuai dengan usaha tersebut.

Share