Pernahkah Anda mendengar apa itu bisnis waralaba? Tentunya mungkin Anda sering mendengar kata-kata waralaba itu sendiri. Bisnis waralaba ini adalah sebuah model bisnis yang saat ini sedang banyak di inginkan banyak pihak. Entah itu pebisnis yang memang sudah ulung di kelasnya. Ataupun buat Anda yang ingin belajar bisnis dari pertama. Karena sebenarnya konsep dasar dari waralaba ini sangatlah cocok untuk semua pihak yang ingin menjalankan usaha. Namun bukan berarti semua orang akan cocok jika mengerjakannya.

Waralaba sendiri memiliki konsep yang bisa memungkinkan semua pihak pemilik modal bisa memiliki usaha. Tanpa harus membuatnya dari titik nol. Atau benar-benar memulai dari awal. Pebisnis bisa langsung memiliki usaha yang sudah memiliki nama. Atau yang setidaknya sudah menjanjikan untuk di pasarannya. Sehingga sangat besar kemungkinan untuk untung jika dijalankan.  Terlebih lagi waralaba ini bisa makin menguntungkan. Jika yang Anda beli adalah sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Jadi sebagian besar pihak sudah tahu Anda hanya perlu melanjutkannya.

Di Indonesia sendiri sistem waralama mulai di kenal tahun 1950an. Tentunya sudah cukup lama. Meskipun sampai saat ini perkembangan waralama di negara ini belum sepesat di amerika ataupun di negara maju lainnya. Namun mulai tahun 1997 hukum mengenai waralaba pun sudah mulai di terbitkan. Sehingga waralaba sudah mulai menjadi hal yang umum saat ini. Karena memang usaha ini bisa menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan untuk dilakukan. Saat ini perkembangan waralaba sudah cukup pesat. Terutama di bidang kuliner atau makanan.

Usaha Waralama Makin Menarik Dan Menjanjikan

Usaha waralama semakin menjanjikan. Karena yang belum pernah memiliki usaha. Ataupun yang masih awam dalam urusan usaha pun bisa menjalankannya. Lebih lagi ketika yang melakukan usaha bisa melakukannya dengan sangat mudah. Karena usaha waralaba itu pasti untungnya. Sudah memiliki nama dan sudah dikenal menjadi kelebihan dari usaha waralama ini. Anda pun pasti akan tertarik jika mengetahuinya kan? Modal yang digunakan dalam usaha ini juga sangat beragam.

Namun pihak yang paling di untungkan adalah dia yang memiliki modal besar. Ketika memiliki modal besar pihak yang melakukan waralaba bisa membeli lebih dari satu waralaba. Sehingga bisa menjalankannya secara langsung. Pihak yang belum pernah pun bisa melakukannya. Meskipun mungkin saja ada ketidak cocokan dengan pihak lain. Sangat besar kemungkinannya untuk mendapatkan keuntungan bagi pihak yang melakukan waralaba.

Usaha waralaba atau franchise ini memang menarik. Bahkan banyak anak muda yang saat ini telah melakukannya. Untuk produk lokal sih ada yang menawarkan harga mulai dari lima juta saja. Namun kebanyakan usaha waralaba ini dibanderol mulai dari 10 juta. Bahkan bisa sampai dengan angka 1 miliar. Ya tergantung dari jenis waralaba yang di inginkan. Nyatanya untuk usaha yang sudah memiliki nama pastilah harus berani mengeluarkan modal dalam jumlah yang cukup besar.

Bisa dilihat sih usaha waralaba ini memang makin menjanjikan. Keuntungan yang bisa diraup cukup banyak. Sementara modal yang dikeluarkan juga seimbang. Bisa cepat kembali ketika usaha yang Anda kelola berjalan dengan baik. Usaha waralaba ini memang menarik bagi yang memiliki modal besar. Namun kadang banyak pula yang merasa diberatkan. Terutama untuk yang memiliki modal terbatas. Karena kebanyakan dibanderol dengan harga yang cukup lumayan.

Jenis Dan Contoh Usaha Waralaba

Ada banyak pilihan usaha waralaba yang bisa Anda lakukan. Semua usaha ini pastinya juga menguntungkan. Tentu saja jika dikelola dengan baik. Serta dilakukan dengan sepenuh hati. Nah berikut ini Anda bisa melihat apa saja jenis usaha waralaba yang bisa dilakukan. Diantara usaha waralaba berikut jenis dan contohnya:

  • Bidang retail

Bidang retail ini mungkin yang paling membutuhkan modal besar. Harus mengambil lokasi yang benar-benar strategis untuk usahanya. Serta membutuhkan kemampuan yang cukup ekstra di sini. Kebetulan pasti Anda sudah tidak asing dengan Alfamidi, Indomaret ataupun Alfamart. Itu adalah contoh waralaba yang paling mudah Anda temui.

  • Bidang kecantikan dan kesehatan

Urusan kecantikan dan kesehatan juga tidak luput dari usaha waralaba. Saat ini usaha yang satu ini pun bisa dilakukan. Karena kebutuhan yang cukup banyak untuk kesehatan maupun kecantikan. Moz5 adalah salah satu contoh salon yang bisa Anda gunakan sebagai usaha waralaba. Karena untuk usaha kecantikan bukan hanya produk tapi juga konsep.

  • Bidang makanan dan minuman

Usaha dibidang makanan memang sangat menarik. Karena hampir semua orang menyukai kuliner. Atau semua orang juga membutuhkan makanan. Nah usaha ini bisa menjadi opsi yang mungkin dapat Anda pilih. Sebut saja contoh waralaba yang bisa Anda pilih. Seperti es teler 77, kebab turki  baba rafi, kue balok parikesit. Waroeng spesial sambal. Serta banyak lagi yang bisa Anda temui.

  • Bidang pendidikan dan pelatihan

Bidang pendidikan pun tidak terlupakan. Biasanya untuk lembaga pelatihan yang paling banyak dibuka. Seperti international language program. Ataupun berbagai lembaga lainnya juga bisa menjadi sebuah contoh. Namun untuk usaha yang satu ini tentu saja ditawarkan dengan harga yang menarik.

  • Bidang kebersihan dan laundry

Saat ini banyak pihak yang mempercayakan kebersihan ataupun laundry pada suatu pihak saja. Karena alasan kesibukan atau berbagai hal yang membuat pihak tersebut tidak sempat melakukannya. Nah ini pun menjadi usaha franchise yang menjanjikan. Sebut saja kilos laundry and dry cleaning. Ataupun super wash laundry.

Share