Memang waktunya untuk anak muda yang berkarya. Mungkin itu adalah salah satu ungkapan yang cocok untuk saat ini. Usaha mikro bisa menjadi jalan terbaik bagi anak muda dalam memulai usaha. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Serta bisa menyesuaikan dengan passion si anak muda ini sendiri. Tentunya jika usaha dilakukan karena senang. Pasti akan bertahan jauh lebih lama. Serta bisa jauh lebih baik karena dikerjakan dengan sepenuh hati. Mungkin ini adalah hal yang tepat untuk disebutkan.

Usaha mikro atau usaha kecil sampai menengah ini memang sudah seperti wabah. Saat ini banyak anak muda yang memilih memulai usaha. Ketimbang harus melalui berbagai pekerjaan yang belum pasti. Apalagi harus menjadi pegawai di sebuah perusahaan. Karena harus mengikuti aturan ketat dari bos yang dimiliki. Lebih mudah jika mengikuti aturan dan tata cara sendiri. Dengan cara melakukan usahanya sendiri. Jadilah usaha mikro ini cocok untuk seorang anak muda.

Usaha waralaba adalah salah satu usaha yang saat ini sedang banyak diminati. Karena bisa dilakukan siapa saja. Bahkan yang tidak memiliki keahlian dalam memulai usaha sekalipun. Usaha ini juga salah satu usaha yang cocok untuk anak muda. Karena golongan usaha micro yang modalnya tidak terlalu besar. Meskipun tergantung dari jenis usaha yang di inginkan. Namun banyak saja jenis franchise atau usaha waralaba yang hanya membutuhkan modal kecil.

Usaha Mikro Tidak Butuh Modal Banyak

Usaha mikro tidak membutuhkan modal yang besar. Bisa saja dengan uang 10 juta Anda sudah memiliki usaha. Yang jelas Anda memiliki kemampuan di dalam memanajemen uang yang Anda miliki. Banyak yang berpikiran ketika memiliki usaha itu modalnya harus sangat banyak. Namun pada dasarnya usaha tidak membutuhkan modal sebesar itu. Bahkan jika Anda tidak memiliki modal pun. Anda tetap bisa melakukannya. Yang jelas Anda harus memiliki pemasok. Serta Anda memiliki pembeli. Di sinilah meskipun tidak memiliki modal usaha Anda akan tetap berjalan dengan baik.

Usaha mikro juga disarankan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Sehingga masyarakat tidak melulu hanya mengandalkan lapangan kerja. Belum lagi lapangan kerja itu jauh lebih sedikit daripada yang semestinya dibutuhkan. Lulusan baru setiap tahunnya pasti ada. Namun setiap perusahaan belum tentu melakukan recruitment setiap tahunnya. Jadi Anda harus memastikan untuk melakukan gebrakan baru. Bisa dengan membuat usaha sendiri. Yang pastinya akan jauh lebih menguntungkan jika Anda lakukan.

Contoh Jenis Usaha Mikro

Jenis usaha mikro saat ini sangat banyak yang bisa Anda mulai. Anda bisa memulainya dari nol. Ataupun Anda bisa dengan membeli jenis usaha franchise. Usaha jenis ini juga jauh lebih diminati. Karena cocok untuk semua pihak yang ingin melakukan usaha. Cocok maksudnya bisa dilakukan siapa pun. Namun tidak ada jaminan semua bisa menjalankan dengan baik. Karena melakukan usaha juga membutuhkan keuletan tersendiri. Berikut ini ada beberapa contoh usaha yang cocok untuk Anda lakukan diantaranya sebagai berikut:

  • Usaha dibidang kuliner

Usaha mikro di bidang kuliner nyatanya cukup menjanjikan. Anda bisa menjual berbagai jajanan kekinian jika tidak ingin membuat booth. Atau Anda bisa menggunakan tempat yang bisa Anda gunakan jualan jika Anda memang ingin membuatnya lebih menarik. Usaha di bidang kuliner ini cocok karena semua orang butuh makan. Tapi Anda juga harus menyesuaikan jenis makanannya. Anak muda kebanyakan lebih memilih usaha kuliner. Terutama minuman seperti susu dan juga kopi.

  • Usaha di bidang kecantikan

Membuat lulur kecantikan atau masker organik saat ini sedang trend. Jika Anda bisa melakukannya bisa menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Dunia kecantikan saat ini seperti sedang kembali pada masanya sesuatu yang alamai. Jadi usaha mikro bidang kecantikan tidak ada salahnya Anda coba.

  • Usaha di bidang kerajinan tangan

Kerajinan tangan juga tidak ada matinya. Berbagai souvenir bisa Anda buat sebaik mungkin. Entah itu untuk melengkapi kebutuhan rumah. Atau mungkin hanya sebagai buah tangan. Usaha mikro yang satu ini bahkan bisa Anda gunakan dengan barang-barang bekas. Jadi makin menarik saja kan? Mau usaha tidak membutuhkan modal banyak. Usaha yang satu ini cukup tepat. Namun Anda harus memiliki jiwa seni yang memang cukup tinggi.

  • Usaha di bidang otomotif

Buat yang suka dunia otomotif. Otomotif juga tidak luput dari dunia mikro. Banyak pihak yang menyukai dunia otomotif. Jadi pastinya jika Anda membuat usaha yang satu ini jauh lebih menguntungkan. Misalnya dengan modifikasi produk atau semacamnya. Usaha mikro dibidang otomotif juga cocok untuk anak muda. Anak muda butuh sesuatu hal yang baru. Serta yang segar untuk mengikuti trend yang sedang berlangsung. Jadi tidak ada masalah di dunia otomotif ini.

Share